Selasa, 10 Desember 2019

AC Mobil Tidak Dingin, Haruskah Freon AC Diganti?

AC Mobil Tidak Dingin, Haruskah Freon AC Diganti?


Freon AC atau refrigerant memiliki peranan yang yang penting untuk menunjang kerja air conditioner pada mobil. Gas yang berfungsi sebagai cairan penyerap beban AC ini, merupakan salah satu komponen yang harus secara rutin diperiksa agar anda tahu kapan freon harus diganti. Jika AC mobil tidak dingin, kemungkinan penyebabnya adalah AC kehabisan freon. Lalu haruskah freon AC diganti atau cukup diisi ulang saja? Yuk simak ulasannya disini!

4 Hal Indikasi Freon AC Harus Diganti

1.  AC Mobil Bocor

Masalah ini termasuk problem umum yang seringkali terjadi tidak hanya pada AC mobil, tetapi juga AC di rumah. Salah satu penyebab kebocoran AC ini adalah adanya penggumpalan es yang menyumbat saluran pembuangan evaporator AC. Karena aliran pembuangan evaporator tersumbat, maka air akan tumpah ke bagian dalam AC. Hal ini bsia terjadi karena masalah tekanan freon yang berkurang.

2. Udara dari AC Kurang Dingin

Tanda tanda freon AC harus diganti juga bisa ditengarai dari suhu AC mobil tidak dingin. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh tekanan freon yang berkurang, atau kebocoran pada selang penyalur tekanan freon ke kompresor. Jika kondensor dan filter AC dalam keadaan bersih tetapi suhu AC kurang dingin, maka anda harus segera mengganti freon AC di bengkel service profesional SuperCar.id yang sudah sangat terpercaya dan berpengalaman. 

3. AC Sering Mati dan Hidup Sendiri

Kekurangan tekanan gas freon juga menyebabkan AC mobil yang sering hidup dan mati sendiri. Jika hal ini dibiarkan, maka lama kelamaan AC akan mengalami kerusakan yang lebih parah. Maka sebaiknya segera lakukan service AC dan mengganti freon, jika anda mengalami tanda tanda ini. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi selang atau pipa pipa freon, untuk memastikan salurannya terhubung dengan baik sehingga  tidak terjadi kebocoran gas freon.

4. AC Menghembuskan Angin Panas

Mungkin anda pernah mengalami ketika menyalakan AC namun udara tetap terasa panas, padahal AC sudah diposisikan di suhu terendah. Jika AC mobil anda mengeluarkan hembusan angin yang panas, ini merupakan salah satu indikator freon AC harus diganti dengan yang baru. Buka hanya adanya kerusakan pada tali kipas (blower) dan kompresor yang tidak bekerja dengan optimal, kekurangan gas freon juga bisa menjadi penyebab suhu AC mobil tidak dingin sama sekali.

5. Jadwal Rutin Penggantian Freon

Gas freon AC yang sudah tidak lagi dingin, membuat AC mobil seolah sudah tidak bisa berfungsi dengan baik. Padahal sumber masalahnya bisa saja diakibatkan oleh tekanan gas freon yang berkurang atau kebocoran pada selangnya. Untuk meminimalisir resiko masalah masalah tersebut di atas, maka anda harus mengganti freon AC secara rutin di bengkel yang profesional contohnya SuperCar.id.

Freon AC setidaknya diganti minimal pada kelipatan 20 irbu kilometer, agar suhu yang  dihasilkan tetap dingin dan sejuk. Cara mengganti freon adalah dengan membuang isi dan sisanya, kemudian mencuci evaporator dan mengganti filter AC. Freon sebaiknya divakum dulu dan kompresor diisikan oli, sebelum mengisi gas freon yang baru untuk mengatasi AC mobil tidak dingin karena kehabisan freon.

Bengkel profesional SuperCar.id sudah sangat berpengalaman dalam service AC mobil, sehingga anda tidak perlu khawatir jika harus mengganti spare part AC yang rusak. Spare part dijamin memiliki kualitas yang apik, dan mobil anda ditangani oleh mekanik yang sudah ahli di bidangnya. Untuk mengetahui biaya penggantian freon dan service AC disini, anda bisa menghubungi nomor bengkel di halaman situs resminya supercar.id.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes